Skip to main content

Ketua DPD Gerindra Jambi Gagal Pertahankan Kursi di DPR RI

Sutan Adil Hendra (jas hitam) Rocky Candra (kemeja putih) (Dok Istimewa)
Sutan Adil Hendra (jas hitam) Rocky Candra (kemeja putih) (Dok Istimewa)

Jambi - Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten dan kota daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 telah usai. Politikus senior partai Gerindra Sutan Adil Hendra gagal menuju kursi di DPR RI.

Caleg petahana tersebut kalah suara dengan pesaingnya di Gerindra berdasarkan data DB1 hasil rekapitulasi penghitungan suara kabupaten/kota pertanggal 6 Maret 2014. Sutan Adil Hendra (SAH) yang juga selaku Ketua DPD Gerindra Jambi tersebut tak dapat mempertahankan kursinya di Senayan untuk ketiga kalinya.

Dalam hasil penghitungan suara itu, Sutan Adil Hendra hanya memiliki 63.403 suara sedangkan pesaingnya yang duduk DPR RI dari Gerindra Rocky Candra meraih 64.026 suara, lalu suara ajudan Prabowo, Harrifar Syafar 39.880 suara, sementara untuk suara Partai Gerindra berjumlah 51.993 suara dan total keseluruhan 241.351 suara

"Kita sudah memprediksi bahwa suara Rocky Candra ini akan melewati suara petahana yang juga satu partai yakni Sutan Adil Hendra di DPR RI ini. Melesatnya nama Rocky ini tidak menjadi sesuatu yang mengejutkan karena sudah kita prediksi," kata Pengamat Politik Jambi, Pahrudin, Jumat (8/3/2024).

Akademisi Universitas Nurdin Hamzah Jambi ini juga menyebutkan bahwa Rocky sudah dinilai baik dalam pertarungan politik. Bahkan, saat maju sebagai caleg DPRD Provinsi Jambi, dengan menjadi pendatang baru dia mampu duduk di kursi pimpinan DPRD Jambi dengan perolehan suara tertinggi.

"Jadi di sini kan terlihat bagaimana Rocky mampu membuktikan sebagai pendatang baru dia tak bisa dianggap sebelah mata," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jambi Fahrul Rozi menyebutkan bahwa pleno kabupaten dan kota di Jambi sudah keseluruhan rampung. Nantinya KPU Jambi tinggal melakukan pleno tingkat provinsi setelah kabupaten/kota di Jambi rampung.

"Ya, untuk rekapitulasi pleno kabupaten dan kota di Jambi semua sudah selesai, kalau pleno provinsi nanti tanggal 8 Maret 2023 pada pagi hari," ujarnya.

Sebagai informasi, Dapil Jambi ini memiliki kuota 8 kursi. Sembilan caleg yang berpotensi lolos ke Senayan adalah Cek Endra (Golkar) dengan lalu Hasan Basri Agus (Golkar), Edi Purwanto (PDIP), kemudian A Bakri (PAN), Elpisina (PKB), Syarif Fasha (NasDem), selanjutnya Rocky Candra (Gerindra) dan terakhir Zulfikar Achmad (Demokrat). (Hps)

Facebook comments