Skip to main content

50 Persen SAD Sudah Terdata di Dukcapil Nasional

Suku Anak Dalam
50 Persen SAD Sudah Terdata di Dukcapil Nasional

Merangin - Jumlah Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Merangin yang sudah terdata di Dukcapil Nasional baru 50 persen atau setengahnya dari jumlah  keberadaan SAD yang ada. Lambannya pendataan tersebut karena dominisili mereka yang masih selalu berpindah-pindah tempat, sehingga menyusahkan petugas untuk mendatanya. Dimana ketika petugas datang ke lokasi tempat tinggal rumahnya ternyata sudah kosong.

‘’Untuk menyatukan data SAD ini cukup sulit karena mereka selalu berpindah-pindah sehingga jumlah data yang ada masih sangat sedikit,’’ kata Bupati Merangin,  H Al Haris usai menghadiri Rakor Kependudukan dan Catatan Sipil di Auditorium Swiss Bel Hotel Jambi yang dihadiri Irjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah, Jumat (12/3).

1

Al Haris mengakui untuk data kependudukan masyarakat Merangin sendiri sudah tuntas. 

Ia berharap data yang dikelola Dukcapil Nasional ini sudah falid dan Pemkab Merangin tinggal melakukan sinkronisasi  antara Dukcapil Nasional dengan Dukcapil Kabupaten. 

Dengan adanya sinkronisasi  data tersebut semua pihak sudah bisa memakainya, baik untuk kebutuhan sosial maupun untuk kebutuhan lainnya, sehingga sesuai dengan kenyataan yang ada.

Sementara itu Irjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah minta, para bupati/walikota harus aktif melakukan apdate data. Mana warga yang sudah meninggal, mana warga yang dulu menganggur kini sudah jadi PNS.

‘’Kita ingin angka yang pasti, mana warga yang sudah pindah domisili, warga yang sudah meninggal dunia dan berbagai keterangan lainnya. Semau data itu jarus jelas dan falid,’’terang Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah. (Adv)
 

Facebook comments